~TaBeMoNo~

…There’s so many things of Oishii Food from Japan…

Paling sedaaap banget kalo udah ngomongin yang namanya makanan. Saya termasuk penggemar kuliner, makanya soal ini tetep jadi perhatian utama. Ngobrol-ngobrol, banyak makanan khas Jepang yang patut untuk kita tau loh!

Kenapa seeh? Selain bentuknya yang unik dan “ga biasa”, makanan Jepang juga baik untuk kesehatan! Di sini saya mo ngobrolin tentang Japanese Food yang tottemo oishii desu!

Yummy banget deh pokoknya…ga ada salahnya klo kita nyobain, jadi ga perlu netesin liur lagi kalo liat Bondan Winarno lagi makan,hehehe…

JAPANESE FOOD

Dari sekian banyak menu kuliner, makanan Jepang adalah salah satu makanan yang patut untuk kita ketahui dan kita coba. Bila biasanya kalian hanya sekedar “pernah dengar” mengenai makanan Jepang, saatnya kalian mengetahuinya lebih jauh. Lebih baik lagi apabila kalian tertarik mencobanya.

Berikut ini beberapa masakan Jepang yang khas dan popular di Negara bunga sakura, bahkan paling sering muncul di dalam anime/manga Jepang :

Bento : Makanan yang dipak di dalam kotak makan. Bento biasanya dibuat untuk bekal makanan di luar rumah yang berisi nasi dan lauk-pauk. Uniknya, bento tidak hanya enak dimakan, tapi juga sedap dipandang mata. Dalam anime atau manga, seringkali tokoh cewek membuatkan bento untuk cowok yang dia sukai, dengan lauk yang dihias sedemikian rupa, seperti wortel yang dipotong berbentuk hati, saus yang dibuat bertuliskan I love you, dll. Bento seperti ini biasanya dinamakan Love Bento.

Tempura : Berbagai gorengan, baik daging maupun sayuran yang digoreng dalam tepung. Di Indonesia sendiri, tempura lebih diidentikkan dengan udang yang digoreng dengan tepung dan dijadikan lauk lezat pendamping nasi yang hangat.

Onigiri : Nasi kepal berbentuk segitiga yang biasanya dikombinasikan dengan sayur atau nori sebagai pelengkap untuk bagian depan dari onigiri tersebut. Untuk isi, umumnya onigiri diisi dengan umeboshi/ buah plum kering. Tapi bisa juga ditemukan onigiri dengan isi ikan salmon di supermarket.

Takoyaki : Snack berbentuk bola-bola yang mengandung tako/ daging gurita. Biasanya takoyaki dijual sebagai jajanan umum di Jepang dengan rasa yang asin dan gurih.

Okonomiyaki : Makanan khas Jepang berbentuk seperti telur dadar goreng dengan beragam isi. Okonomiyaki digoreng di atas penggorengan datar dan diisi dengan sayuran, daging, seafood,dll, lalu diberi saus khusus. Di Indonesia, okonomiyaki bisa diibaratkan sebagai martabak telur.

Taiyaki : Kue berbentuk ikan yang di dalamnya diisi dengan anko/pasta kacang merah manis. Selain anko, taiyaki bisa diisi dengan coklat atau keju, Bahkan ada toko yang menjual taiyaki berisi okonomiyaki atau sosis. Taiyaki dijual di toko-toko kue dan sering sekali ditemukan dalam perayaan.

Ramen : Makanan kesukaan Naruto ini adalah semacam mie tipis yang biasanya sering dijual dalam kemasan cepat saji atau mie instant.

Sushi : Nasi yang diberi bumbu. Topping yang menghias sushi di atasnya disebut dengan sashimi. Sushi dan sashimi dijadikan satu dan lebih dikenal sebagai sushi saja. Sashimi terbuat dari berbagai makanan mentah yang terbuat dari seafood, seperti ikan salmon, gurita, telur ikan, dll.

Wasabi : Sambal yang dibuat dari lobak hijau. Wasabi berwarna hijau dan pedas dan biasanya digunakan sebagai bumbu sushi.

Shabu-shabu : Daging sapi yang diiris tipis-tipis, dimasak di kuah kaldu yang panas bersama dengan potongan sayuran dan daging lain yang sudah dipotong-potong, seperti baso atau seafood.

Nori : Rumput laut kering yang biasanya digunakan dalam berbagai makanan Jepang, seperti sushi, mie, onigiri,dll.

Somen : Mie tipis yang terbuat dari tepung terigu. Somen sering digunakan sebagai mie dingin yang cocok digunakan sebagai makanan penyejuk saat musim panas tiba.

Tsukemono : Acar Jepang yang terdiri dari banyak macam dan terbuat dari buah atau sayuran sebagai pendamping menu utama.

Konnyaku : Semacam bahan dari tumbuhan untuk membuat jelly/agar-agar. Konnyaku juga disajikan dalam hidangan oden, semacam sukiyaki yang berisi sayuran dan telur rebus.

Masih banyak makanan Jepang khas lain yang patut untuk kalian coba selain yang sudah saya jelaskan di atas tadi. Tidak ada salahnya kalian mulai “berburu” mencari makanan-makanan tersebut di restoran Jepang favorit kalian bila tertarik dengan kuliner negeri sakura ini. Siapkan perut kalian untuk dipenuhi Japanese Food yang oishii desu!!!

Leave a comment