Posted by: desymoets | April 20, 2008

Di Sana Daruma…Di Sini Daruma

Saya inget waktu masih SMP, ada acara reality show terkenal di Jepang yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televise swasta kita. Nama acaranya adalah TAKESHI CASTLE dimana acara itu diikuti oleh ratusan peserta yang harus melewati berbagai rintangan hingga akhirnya hanya kesisa beberapa peserta “beruntung” yang bisa menghadapi si Kaisar Takeshi! Sebenernya saya ga mo ngomongin lebih jauh tentang para personil dari Takeshi Castle ini koq. Saya hanya ingat tentang permainan yang ada di salah satu rintangan di acara tersebut, yaitu permainan DARUMA.

Apa itu Daruma? Daruma adalah boneka khas Jepang yang memiliki bentuk ga biasa dan lucu. Boneka ini berbentuk nyaris bulat seperti bola tanpa kaki dan tangan, berwajah sangar dan bermata bulat putih tanpa ada kelopak yang nempel di mata tersebut. Konon katanya sih, Daruma ini diambil dari nama seorang Bodhidarma yang menyebarkan ajaran Budha Zen di Jepang pada zaman Kamakura [1185-1333]

Boneka ini dibuat dari bahan bubur kertas yang dicampur perekat dan kota yang menjadi produsen terbesar boneka Daruma adalah Kota Takasaki di prefektur Gunma. Uniknya dari boneka yang satu ini, kalo kita mencoba mendorong Daruma dari berbagai arah, Daruma tidak akan jatuh dan akan balik ke posisinya semula. Ukuran dari Daruma ini juga macem-macem, mulai dari ukuran saku sampai yang tingginya 90 cm!

Daruma dikenal sebagai simbol keberuntungan bagi masyarakat Jepang, karena itu biasanya di badan Daruma ada kanji bertuliskan “Fuku” yang berarti keberuntungan. Mata Daruma yang putih bersih biasanya dilukis setengahnya pada awal tahun sambil ngucapin harapan-harapan yang ingin dicapai. Kalo ternyata keinginan yang diinginkan kesampaian, mata daruma yang sebelahnya akan dilukis sebelahnya lagi pada akhir tahun. Tapi kalo keinginan kita ga kesampaian, tetep ngelukis mata Daruma yang sebelahnya lagi engga ya? Yah…balik lagi ke diri kita untuk terus mencoba en jangan putus asa terhadap sesuatu. Dakara, minna ganbatte ne!!!


Leave a comment

Categories