Posted by: desymoets | April 20, 2008

DANGO~kue kenyal khas Jepang~

Waktu itu saya lagi iseng-iseng baca majalah resep impor dari Jepang. Saat sedang sibuk bolak-balik buka halaman (karena ga ada tulisan yang saya mengerti, tentu saja!), saya lihat salah satu resep kue Jepang yang bentuknya rada unik, keliatan asyik en menarik. Karena penasaran, saya coba tanya ke kakak perempuan saya karena dia pinter baca tulisan Jepang yang mayoritas dihuni sama tulisan kanji yang susah en nyusahin orang,terutama untuk orang Indonesia seperti saya,hehe… Setelah dijelaskan, akhirnya saya ngerti bahwa kue itu ternyata bernama Odango atau lebih dikenal dengan sebutan Dango.

Dango adalah kue bola kecil yang dibuat dari tepung beras. Lucunya, kue ini disajikan dengan ditusuk pake tusuk sate. Dalam 1 tusukan biasanya berisi 3 ampe 4 buah dango. Bila diliat berdasarkan isinya, dango ternyata banyak macemnya! Pertama adalah an dango, kue odango ini berisi pasta anko atau pasta kacang merah manis. Lalu ada botchan dango, kue dango tiga warna yang dibuat dari kacang merah, telur, en teh hijau sehingga warnanya itu terdiri dari warna merah muda, putih en hijau. Lain lagi dengan goma dango yang isinya wijen sehingga berasa manis bercampur asin. Yang terakhir adalah nori dango, kue dango yang berisi nori/rumput laut kering yang sudah dibumbui. Tekstur dari dango sendiri adalah kenyal, jadi kalo mo makan mesti agak ditarik supaya bagian kuenya bisa terlepas. Kalo lagi-lagi diibaratkan dengan kue Indonesia, dango itu mungkin semacam kueku atau kue bugis yang banyak dijual di pasar tradisional kyaknya…


Leave a comment

Categories